Jumat, 26 Juni 2015

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab E 9.6

Samsung Galaxy Tab E 9.6 - Tablet Android masih memiliki fans yang sangat besar, sementara smartphone layar besar atau phablet mulai menguasai pasar gadget di seluruh dunia. Samsung tentu tidak tinggal diam tentang vendor lain mendominasi pasar yang mereka perjuangkan selama ini, sebab Samsung kembali merilis dengan tablet baru Samsung Galaxy Tab seri E 9.6. Tablet ini menjadi salah satu tablet terbaik yang bisa sobat digunakan untuk memutar konten multimedia, sebab memiliki layar yang sangat besar yang 9,6 inci.


Ukuran layar ini lebih cocok untuk bermain game, atau film drama. Tapi jika sobat mencari tablet dengan konekvitias seluler mendukung untuk berkomunikasi melalui sms atau telepon, kami sarankan Anda membeli tablet Samsung Galaxy Tab A atau Tab S didukung kartu sim card, sebab kali ini Samsung hanya menyediakan versi Wifi tablet yang mereka buat. Hadir tanpa menyebabkan koneksi seluler Samsung Galaxy Tab E 9.6 menyebabkan harganya murah. Ponsel ini memiliki pesaing diantaranya LG Leon H324, Lenovo A7000, Xiaomi Mi4i, Sony Xperia C4, Lenovo A3900.



9.6-inch ukuran layar membuat membuat tablet ini terasa sangat berat saat dipegang dengan satu tangan, sebab beratnya 490 gram. Untungnya Samsung dirancang dengan ketebalan tubuh tipis 8,5 mm, dan memiliki rasio tubuh berdimensi 241,9 x 149,5 x 8,5 mm. Adapun layar masih menggunakan panel TFT dengan 16 juta warna, sehingga harga Samsung Galaxy Tab 9.6 E dapat harga lebih murah dari Samsung Galaxy S memiliki teknologi layar Super AMOLED.

Sebanding dengan harga, Samsung tidak melengkapinya dengan resolusi Quad HD, dan lebih memilih resolusi layar 800 x 1280 piksel dengan kepadatan pixel -157 ppi. Warna ketajaman dan kejernihan layar Samsung Galaxy Tab E tergolong sangat rendah, sebab ukuran layar 9,7 inci harus telah Samsung menyediakan resolusi layar Full HD atau HD Quad sehingga lebih tinggi kepadatan pixel, dan dapat mengimbangi ukuran layar. Untungnya, tablet ini dirancang sangat tipis, sehingga bisa menutupi kelemahan di sektor layar.

Tablet ini masih menggunakan teknologi prosesor 32 Bit, mengandalkan chipset SC7730SC Spreadtrum. Prosesor ini berjalan dengan prosesor empat inti, masing-masing inti memiliki kecepatan 1,3 Ghz Cortex-A7, sehingga relatif masih sangat standar untuk sebuah tablet baru yang dirilis pada tahun 2015. Adapun memori Ram yang diberikan adalah 1,5 GB yang dioptimalkan oleh GPU Mali- 400 MP2, sehingga Samsung Galaxy Tab 9.6 E tetap optimal saat digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game.

Yang mengatakan, spesifikasi hardware tablet ini masih di bawah Samsung Galaxy Tab A S-Pen sudah menggunakan prosesor 64 Bit-tech dan 2 GB Ram. Selain itu, Samsung juga belum memberikan sistem operasi Android Lollipop, dan tetap memilih Android Kitkat sebagai sistem operasi tablet ini. Kemungkinan besar Samsung akan memberikan update Android Lollipop hardware diberikan spesifikasi memungkinkan Galaxy Tab yang menjalankan Android 9.6 E Lollipop lancar dan mulus.

Kelemahan lain dari ponsel pintar Galaxy Tab 9.6 E dilengkapi dengan memori internal yang besar belum. Samsung hanya menyediakan memori internal kurang dari 8 GB, sebab sebagian besar akan digunakan untuk file sistem toko dan aplikasi pre-instaled yang tidak dapat dihapus. Jadi kawan saya harus membeli memori microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB, Kinerja agar Galaxy Tab 9.6 E dipertahankan, dan tidak menjadi lemot sebab kehabisan memori internal sementara kawan harus menginstal game atau menyimpan file besar.

Menariknya Samsung Galaxy Tab tetap lengkap E 9.6 dengan fitur multi-window, yang berguna untuk membagi layar menjadi dua bagian saat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain itu, Samsung juga menyediakan aplikasi Microsoft Office diinstal langsung, dan tentu saja tersedia secara gratis untuk pengguna Galaxy Tab E. Kemudian untuk sumber daya, tablet ini didukung oleh Li-Ion 5000 mah berukuran, tetapi baterai tidak bisa kita datang dari sebab itu tertanam di balik ketebalan desain unibody dari 8,5 mm.

Seperti kita jelaskan pada ulasan handphone di atas, kita bisa melihat apa kelebihan dan kelemahan produk Galaxy Tab 9.6 E yang bisa menjadi referensi sebelum sobat membeli tablet ini. Tapi untuk membelinya, kawan saya harus bersabar sampai tablet ini dirilis di Indonesia, dan mudah-mudahan nanti Samsung Galaxy Tab 9.6 E di Indonesia akan dibanderol di bawah 3 juta, dan akan dirilis bersamaan dengan Samsung Galaxy A8 diprediksi menjadi smartphone Android tertipis yang pernah dibuat oleh Samsung.